Kamis, 13 Desember 2012

PENDIDIKAN TOMBAK BANGSA


A.    Pendahuluan
Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dimana secara mendasar pendidikan mempunyai peranan meningkatkan kemampuan dasar manusia untuk mendapatkan memanfaatkan, mengembangkan, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. SDM berkualitas sangat penting,dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Oleh karenanya, perluasan dan pemerataan kesempatan belajar merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan, baik sarana maupun prasarana pendidikan tingkat dasar, menengah dan atas.
Bangasa yang maju di sertai dengan pendidikan yang berkualitas, dengan demikian pendidikan sebagai tombak suatu negara tersebut dengan pendidikan yang berkualitas maka negara tersebut dapat memajukan hal ini dapat di artikan karena warga negaranya berpendidikan mengurangi kebodohan yang dapat menjadikan suatu negara tersebut tidak seiring dengan zaman yang terus maju oleh teknologi dan ilmu yang selalu di temukan oleh ilmuan-ilmuan.
Dalam UUD 1945 pada alenia yang ke-4 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, Apsal 31 ayat (1) UUD 1945 menetapkan bahwa tiap-tiap warga Negara berhakmendapat pengajaran(Bambang, 2009:93). Dari alenia 4 tersebut maka dapat disimpulkan bahwa negara ini harus mencerdaskan rakyat-rakyatnya sehingga dapat memajukan bangsa yang seimbang dengan kemajuan zaman.
B.    Pengertian Pendidikan
Dindin dalam Marimba 1962:15, mendefinisikan pendidikan sebagai bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmanidan ruhani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. Definisi ini dapat diartikan tidak mencangkup usaha pendidikan yang dilakukan oleh diri sendiri.
Menurut Zaim(2008:2) dalam Ki Hajar Dewantoro mengatakan bahwa pendidikan berarti daya upaya untuk memajukan pertumbuhan nilai moral (kekuatan batin, karakter), fikiran (Intellect) dan tumbuh anak yang antara satu dan lainnya saling berhubungan agar dapat memajukan kesempurnaan hidup, yakni kehidupan dan penghidupan anak-anak yang kita didik selaras.
Jadi Pendidikan adalah suatu proses untuk mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik agar mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi serta dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya sehingga dapat memberikan motivasi pada bangsa untuk lebih maju.
C.     Pendidikan Tombak Bangsa
Dari pengertian pendidikan di atas dapat diketahui bahwa pendidikan adalah modal utama bangsa itu berkembang dan maju, sehingga bangsa dapat menyelaraskan dengan zaman yang selalu berkembang dan maju. Sehingga pendidikan di indonesia pemerintah mengadakan program wajib belajar 12 tahun yaitu SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Mengapa pemerintah mengadakan program tersebut? Hal ini di lakukan agar indonesia bisa bersaing dengan negara tetangga dan negara lain yang kawasannya hanya sedikit dan dapat memajukan pola pikir masyarakat yang kemudian mengurangi kebodohan yang dapat menimbulkan krisis ekonomi dengan banyaknya pengangguran, lapangan pekerjaan. 
Dari alasan diataslah mengapa pendidikan sangat penting untuk warga Negara, karena pendidikan adalah tombak dan kunci kemajuan suatu Negara. Maka dari situlah pemerintah wajib memberi beri pendidikan untuk warga Negaranya dan sebagai umat Muslim adalah kewajiban yang harus di kerjakan dalam surat Al Alaq ayat 1-5 (1)Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan (2)Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, (3)Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, (4)Yang mengajar (manusia) dengan perataraan kalam (pena), (5)Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. Sedangkan sabda Rasulullah menuntut ilmu adalah kewajiban bagi umat muslim”.(Juwariyah, 2010:142).
Jadi pendidikan itu sangat penting yang dapat menentukan kemajuan suatu Negara dan Agama.


DAFTAR PUSTAKA
Az Zmuji, Syaikh. Terjemah Ta’lim Muta’allim. Surabaya: Mutiara Ilmu
Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta
Jamaludin, Didin. 2010. Metode Pendidikan Anak. Bandung: Pustaka Al-Fikriis
Juwariyah. 2010. Hadis Tarbawai. Yogyakarta: Teras
Yuniarto, Bambang. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Cirebon: STAIN Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar